Memilih karet yang tepat

Beberapa orang berpendapat bahwa kecepatan dan putaran paling tinggi merupakan salah satu acuan dalam memilih karet tenis meja, hal ini tidak sepenuhnya tepat.

Pemilihan karet yang tepat bagi seorang pemain tenis meja tergantung pada karakter atau tipe permainan pemain itu sendiri. Setiap pemain mempunyai karakter unik dalam bermain tenis meja, sehingga karet yang digunakan setiap pemain pun beragam.

Kita ketahui bahwa karet tenis meja diukur dengan tiga karakteristik, ukuran pertama adalah kecepatannya (speed), kedua adalah putarannya (spin) dan terakhir adalah ukuran kontrolnya. Semakin tinggi ukuran kecepatan karet semakin responsif karet tersebut digunakan. Sedangkan ukuran putaran karet mencerminkan putaran yang dihasilkan oleh karet tersebut, biasanya karet keluaran Cina mempunyai putaran yang tinggi, salah satu ciri dari karet yang mempunyai putaran tinggi yaitu karetnya sedikit lengket.

Untuk mempermudah pengukuran tersebut di atas (spin, speed, control) maka menggunakan pendekatan dengan angka, ukuran 50 ke bawah untuk spin dan speed, mencerminkan kontrol yang baik namun kecepatan dan putarannya di bawah rata-rata, ukuran 50-70 mempunyai berarti ukuran rata-rata, sedangkan di atas 70 ukuran kecepatan dan putaran lebih tinggi. Dan perlu diketahui bahwa setiiap pabrikan memiliki ukuran yangberbeda dan hal kecepatan, putaran maupun kontrol, namun secara keseluruhan ukurannya hampir mirip.

Untuk ukuran kontrol, semakin tinggi ukurannya, semakin mudah kita melakukan kontrol permainan, biasanya karet dengan kotrol yang benar-benar tinggi digunakan untuk pemain dengan tipe bertahan.

Contoh Penerapan ukuran karet

Seorang pemain yang mempunyai tipe serang dalam bermain tenis meja dengan dominan menggunakan top spin maka dia akan cenderung cocok menggunakan karet yang mempunyai putaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatannya dan memilih ukuran kontrol yang tinggi.

Seorang yang mempunyai tipe permainan serang yang mengadalkan top spin dan smash, maka dia biasanya akan lebih cocok menggunakan karet dengan ukuran kecepatan dan putaran yang tinggi dengan kontrol sedang.

Ataupun seorang pemain bertahan yang lebih sering menggunakan chop (back spin) akan lebih cocok menggunakan tipe karet dengan kecepatan rendah dan kekuatan putaran yang tinggi dengan ukuran kontrol tinggi.

Untuk pemain yang cocok dengan menggunakan bintik (pimple out) biasanya kontrolnya lebih rendah, disebabkan oleh karakteristik karetnya berbentuk bintik. Namun yang pasti lebih mudah menerima bola yang banyak pelintiran.

Kecenderungan pemain yang sudah berpengalaman akan menggunakan satu karet yang dirasakan sudah benar-benar cocok dengan tipe permainan mereka. Kadang mereka menggunakan karet tersebut dalam jangka lama, bahkan sampai puluhan tahun. Namun hal ini tidak menjadi patokan, banyak pemain tenis meja yang sudah berpengalaman mencoba karet baru dan langsung cocok ketika pertama kali digunakan, sehingga mereka mengganti karetnya dengan merek baru tersebut, hal ini disebabkan karet yang keluar saat ini menggunakan teknologi yang lebih baik sehingga penggunaannya lebih mudah dan enak digunakan.

Setelah kita memilih suatu merek karet yang kira-kira sesuai dengan permainan, maka selanjutnya kita akan kembali dibenturkan dengan pemilihan ukuran spon dari karet tersebut. Ukuran spon mencerminkan kecepatan dan kontrol karet tersebut. Semakin tebal spon yang digunakan maka semakin cepat dan berkurang kontrol karet tersebut melontarkan bola.

Saat ini ukuran spon yang ada bagi setiap merek bermacam-macam. Misal, Sriver FX, merek ini meluncurkan ukuran spon antara lain 1,5/1,7/1,9/2,1 sampai dengan maksimum. Biasanya seorang pemain serang sejati menggunakan spon dengan ukuran maksimal.

Sehubungan dengan permain tenis meja yang perlu menggunakan 2 sisi (untuk pegangan shakehand), forehand dan backhand, maka diperlukan 2 karet. Umumnya forehand menggunakan karet yang lebih cepat dibandingkan backhand.

Salah satu legenda karet yang banyak digunakan di Indonesia oleh banyak pemain tenis meja adalah MarkVAD, Sriver FX, dan Bryce FX dan RITC 729 Super. Banyak pemain nasional menggunakan karet ini. Sebut saja, Reno, Budiono, Kun-kun, Gilang, Kristin, Nilasari, mereka menggunakan Sriver FX, atau Freddy, Ismu, Momon, menggunakan karet MarkVAD. ‘Saya menggunakan karet Sriver FX sejak lama karena sangat cocok dengan tipe permainan saya yang senang bermain rally dan menggunakan lebih banyak putaran dengan ukuran spon makismal’ ujar Reno, pemain nasional Indonesia.

Jika Anda benar-benar ingin mencoba karet yang baru, jangan sekali-kali tertipu oleh harga sebuah karet, harga yang tinggi belum tentu cocok dengan karakter permainan kita dan jangan terburu-buru atau percaya kepada iming-iming kecepatan dan putaran tinggi dari karet yang akan dipilih, lebih baik dikosultasikan terlebih dahulu kepada pelatih atau pemain yang sudah berpengalaman. Pastikan karet yang dipilih sudah benar-benar merupakan pilihan yang tepat bagi tipe permainan Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: