Penempatan Bola

Kapanpun kamu berlatih, selalu tempatkanlah bola dgn penempatan seolah dalam pertandingan sebenarnya. Karena apa yang kamu lakukan saat berlatih, itu yang akan terjadi di dalam pertandingan. Tetapi kemana seharusnya penempatan bolamu ?

Sekarang, mari kita contohkan sebuah rally dgn fast-topspin (tmk: topspin yg waktu ayunan eksekusinya singkat) atau counter-driving (tmk: pukulan drive yg bersifat membalas pukulan drive dari lawan).
Dalam kasus itu, banyak pemain-pemula dan menengah menempatkan bola pada dua titik (spot) meja : yaitu pertengahan backhand, dan pertengahan forehand.
Sedangkan para pemain-atas menempatkan bola pada tiga titik: sudut melebar di backhand (wide backhand), sudut melebar di forehand (wide forehand), dan pertengahan (midle).

Jika penempatanmu ke area pertengahan FH atau BH, sementara lawanmu tidak bergerak ataupun menjangkau bola tsb, maka dia tidak akan menghasilkan rata2 pukulan yang kuat.

Penempatan ke area pertengahan adalah penempatan permainan yang licik karena bagian tengah merupakan bagian meja yang berbeda sesuai posisi tubuh lawan terhadap meja. Pertengahan lawan, secara umum adalah siku pemegang raketnya, yaitu titik tengah antara FH dan BHnya.
Ketika kamu menempatkan bola secara agresif kesana, lawanmu harus:

  1. Memutuskan apakah bermain dgn FH ataupun BH.
  2. Bergerak.

Inilah “kesulitan-ganda (double-whammy), dimana pukulan keras ke midle sering lebih bagus dibanding ke sudut-sudut. (Penempatan ke midle, bbrp pemain menyukai menempatkan agak sedikit ke FH atau BH, jadi “midle” berarti sedikit ke sisi siku.

Kebiasan sangat buruk dari kebanyakan pemain adalah menempatkan bola ke pertengahan meja BH atau FH ketika berlatih drill (tmk: drill = latihan yang berfokus pada 1 bagian saja, misalnya latihan loop melawan backspin), dan tidak pernah melatih pukulan2 ke arah midle yang berubah sesuai posisi tubuh lawan. Saya katakan lagi: apa yang kamu lakukan dalam latihan akan terbawa dalam pertandingan. Ubahlah cara berlatih sepert itu, agar ratingmu meningkat !

Bahasan yang berhubungan: bagaimana kamu mengembalikan pukulan2 yang diarahkan ke midlemu ? jika kamu memiliki footwork yang bagus dan FH yang bagus, kamu sebisa mungkin akan bermain FH. (Dan sangat jarang pemain dengan backhand bagus bermain dengan backhandnya).
Aturan umum akan seperti ini: Jika kamu pemain dekat meja atau tidak sempat bergerak saat rally, gunakanlah backhandmu; jika kamu jauh dari meja, atau sangat sempat bergerak, mainkan forehandmu. Ketika bermain FH, ingatlah untuk bergerak menjauhi bola datang agar memiliki daerah pukulan yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: