Teknik bertahan dengan long pipe

Banyak siswa senior saya (di atas 40 thn) memintaku membuat sebuah artikel tentang cara menggunakan long pipe untuk permainan close-to-the-table. Gaya ini sangat populer di kalangan pemain2 tua karena memberi mereka kesempatan untuk melambatkan permainan dan untuk berfokus pada keahlian2 tangan daripada banyak gerakan dan tenaga besar dalam perebutan poin2.

Berlatih longpips dgn robot bermanfaat sekali ketika mempelajari dan mempraktekkan teknik2 ini seperti karena hanya sedikit lawan yang dapat secara konsisten menyerang gaya ini. Sebenarnya, ketika Anda mempelajari gaya ini banyak teman bermain anda menjadi frustasi dan tidak ingin berlatih dengan anda.

Marilah kita perhatikan enam pukulan dasar yang harus menjadi senjata wajib bagi pemain longpipe dekat meja (close-to-the-table). Semua pukulan ini digambarkan sbg LP disisi backhand.

  1. Lift against backspin, Pukulan Lift melawan backspin: Pukulan ini dibuat dengan raket sedikit terbuka. Pukulannya sangat sederhana. Saat kontak terjadi, dorong maju dan sedikit keatas. Gunakan banyak lengan bawah dengan sedikit atau tanpa gerakan pergelangan tangan. Pukulan ini, ketika dieksekusi dengan LP, memberi anda kesempatan dapat memanfaatkan backspin lawanmu untuk menghasilkan sebuah serangan topspin yang terkendali. Ini adalah satu-satunya pukulan di mana anda dapat menghasilkan topspin yang cukup dengan pukulan yang cepat.
  2. Sidespin attack against backspin, Serangan sidespin melawan backspin: Ini adalah satu pukulan tidak biasa bagi sebagian besar pemain2 pengguna karet inverted. Pukulan ini dieksekusi banyak kemiripan dgn lift lurus melawan backspin, tetapi saat kontak, raket didorong maju dan ditarik ke sebelah kanan (untuk righthander). Tergantung pada sudut raket, pengembalian dengan cara ini akan menghasilkan properti bola dgn cakupan luas (wide range) dari no-spin, sidespin, atau topspin ringan, semuanya dalam bentuk mirip sidespin. Pukulan ini dapat memaksa lawan2mu banyak membuat kesalahan.
  3. Attacking backspin by pushing, Menyerang backspin dengan dorongan: Mendorong (push) dengan LP bisa menghasilkan pengembalian bola yang sangat agresif. Ketika membuat push, jika kontak ringan pada bola dilakukan LPr, maka pengembalian berikutnya dari lawan akan menjadi bola mati (dead ball, no-spin, tanpa putaran teratur). Jika kontak raket lebih keras dibuat (lebih banyak force/kekuatan benturan), maka suatu topspin ringan dapat dihasilkan lawan. Hal ini menuntun anda pada pengembalian dari lawan yang sangat bisa anda serang.
  4. Controlled counter attacks, Pukulan balas yang terkendali: Kunci keberhasilan untuk memukul balas dengan LP melawan topspin adalah dengan mengendalikan kecepatan (speed) dari setiap pengembalian2mu. Jangan terlalu kuat memukul. Pengembalian2mu akan mengarah pd backspin, jadi harus selalu membatasi kadar kecepatan yang anda hasilkan. Secara umum, jika anda menggunakan LP tanpa spon, bola yang diihasilkan akan sungguh lambat dan mengarah pada backspin yang lebih berat dibanding LP dgn spon. Jika anda menggunakan LP dengan spons, bola yang dihasilkan akan lebih laju tetapi tak terlalu banyak putaran. Sekali lagi, jaga pukulan tetap sederhana dengan menggunakan hanya gerakan mendorong ke depan, dengan menggunkan lengan bawah. Ingat, ketika memukul balas dengan LP, biarkan raket itu melakukan tugasnya untuk anda. Pemaikaian LP bertujuan untuk menghasilkan spin yang berubah2 di setiap pengembalianmu sehingga akan memaksa kesalahan dari lawanmu, bukan sekedar kecepatan dari pengembalian2mu yang menguntungkan.
  5. Defensive chop blocks, Blok2-chop yang bersifat bertahan: Penjelasan pukulan ini tampak seperti namanya — blok-chop yaitu pukulan blok/menahan disertai satu gerakan memotong mengarah ke bawah. Ketika digunakan melawan topspin berat, pukulan ini dapat menghasilkan pengembalian chop yang berat. Sering kali lawanmu akan terpaksa melakukan push (mendorong) dari kembalian bola ini, yang mana akan membiarkan anda mudah untuk menyerang lagi dibola berikutnya dari pengembalian lawan.
  6. Pullback block, Blok tarik kebelakang: Sekali lagi, namanya menjelaskan caranya. Melawan satu serangan topspin dari lawan, caranya yaitu dengan sederhana anda hanya menarik raketmu sedikit kebelakang saat terjadi kontak bola dan raket, dengan demikian mengambil hampir semua gaya bola (tmk: menghilangkan gaya gerakan maju bola yang sedang mengarah ke anda). Pukulan Ini dapat digunakan untuk menghasilkan pengembalian yang sangat pendek/singkat membuatnya mustahil bagi lawanmu untuk melanjutkan serangannya. Teknik ini bekerja paling baik menggunakan LP tanpa spon.

Itulah keunggulan2 LP yang bisa anda miliki, yaitu untuk tehnik2 bermain close-to-the-table. Ketika digunakan dengan tepat, pukulan2 diatas dapat menyiksa lawan2mu. Untunglah, robotmu tidak berurusan dengan anda selama berlatih dan menyempurnakan teknik-teknik ini.

Courtesy of Newgy Industries
Atas Kebaikan dari Newgy Industries

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: